AFILIASI PEMASARAN
Salah satu metode
yang populer dari situs web untuk melakukan pemsaran online adalah afiliasi
pemasaran. Afiliasi pemasaran adalah usaha perolehan pendapatan anatara
pengiklan online denagn pedagang dalam penjualan online yang pembayaranya didasarkan
pada kinerja tindakan, biasanya dalam bentuk klik, penjualan, dan yang telah
didaftarkan.
A. Ruang Lingkup Afiliasi Pemasaran
Perusahaan yang melakukan
afiliasi pemasaranuntuk memperluas pangsa pasar mereka dan meningkatkan
keuntungan.
1.Pengertian Afiliasi Pemasaran
Afiliasi berasal dari praktik bagi hasil di mana pendapatan
usaha dibagi antara afiliasi bisnis. Pada akhir 1994, konsep bagi hasil
berevolusi menjadi internet marketing afiliasi. CDNow merupakan situs pertama
yang memiliki fitur pemasaran afiliasi. Dilanjtukan oleh e-commerce website,
layanan web 2.0, dan lain-lain.
Afiliasi menurut para ahli:
a.Menurut Chaplin, adalah suatu bentuk kebutuhan akan
pertalian dengan orang lain, pembentukan persahabatan, ikut serta dalam
kelompok-kelompok tertentu, kerja sama dan kooperasi.
b.Terminologi bisnis online, menjelaskan afiliasi adalah
cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga
pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasara produk
(affiliate marketers), dan hanya dibayar setelah produk terjual.

http://www.adityamuliawan.com/wp-content.
2.PIhak Yang Terlibat Dalam Affiliate Marketing
Adapun pihak yang terlibat dalam afiliasi pemasaran, sebagai
berikut.
a.Producer adalah pihak yang memproduksi barang yang akan
dijual oleh affiliate marketing nantinya.
b.Affiliate Marketer/Publisher adalah orang-orang yang akan membantu menjual produk dari
producer. Teknik yang digunakan tersebut bisa
saja memanfaatkan SEO, iklan, sosial media, e-mail marketing, dan
lain-lain.
c.Affiliate Network adalah tempat bertemunya producer dan
affiliate marketer, karenanya affiliate network sering disebut dengan
marketplace. Affiliate network adalah pihak yang memiliki teknologi dan sistem
yang memungkinkan affiliate marketer untuk menjual barang-barang dari producer.
Serta affiliate network yang akan memberikan komisi dari hasil penjualan kepada
affiliate marketer dan producer setiap kali ada penjualan.
3.Proses Affiliate marketing
a.producer membuat kesepakatan dengan affiliate network
untuk menjual produk hasil buatannya.
b.jika kesepakatan terjadi maka affiliate network akan
menjadi saluran distribusi (channel distribution) untuk produk yang telah
diberikan oleh producer.
c.producer dan affiliate marketer menentukan model affiliate
marketing yang akan digunakan. Apakah pay per sales, pay per leads, atau pay
per click.
d.producer dan affiliate network (bisa juga hanya salah
satu) menentukan besaran yang akan diterima oleh affiliate marketer.
e.affiliate network akan memberikan link menuju produk milik
sang producer serta seluruh fasilitas dan teknologi yang dibutuhkan oleh
affiliate marketer untuk mempromosikan produk milik sang producer.
f.setelah affiliate marketer telah menentukan produk mana
yang akan dijual, kemudian mempromosikannya melalui berbagai macam saluran
pemasaran yang dimiliki.
g.affiliate network akan memberikan komisi kepada affiliate
marketer dan keuntungan kepada producer secara rutin dalam periode waktu
tertentu selama kerja sama antara producer dan affiliate network masih berjalan
atau selama produk tersebut masih dijual.
h.affiliate network bisa memutuskan sepihak kerja sama
dengan affiliate marketer jika terbukti menyalahi aturan yang ada, seperti
melakukan spam, penipuan, dan lain-lain.
B. Jenis Affiliate Pemasaran
1.Pay Per Click
Biaya per klik atau
disebut juga PPC adalah salah satu strategi dari pemasaran onine yang mana
pemasang iklan hanya membayar jika ada konsumen yang mengklik iklan tersebut.
2.Perbandingan Belanja
Ada beberapa situs
belanja online dan portal belanja di internet. Banyak dari mereka yang
menampilkan daftar perbandingan harga dari produk yang mereka tawarkan untuk
dijual. Portal belanja banyak mendukung layanan perbandingan harga, di mana
pengguna dapat membandingkan efektivitas biaya produk yang kompetitif dan
pelayanan sebelum pembelian aktual.
3.Pay Per Lead
Pay per lead (PPL)
merupakan program yang akan membayar pengiklan jika pengiklan dapat mengajak
orang lain menjadi member dalam situs tersebut.
4.Pay Per Sale
Dengan adanya
pemasaran model pay per sale, maka pengiklan akan mendapatkan bayaran apabila
pengiklan dapat menjual suatu barang dan jasa yang ditawarkan oleh salah satu
perusahaan.untuk sistem pembayaranya bagi hasil.
5.Bisnis Promosi Melalui Website
Banyak situs yang
menawarkan hadiah berbasis penawaran pembelian. Mereka menawarkan diskon dan
rabat pada pelanggan yang memilih membeli secara online. Beberapa dari mereka
menawarkan pengiriman gratis untuk pelanggan. Ada juga menampilkan review produk
dan artikel tentang produk dan jasa, sehingga mendorong pembaca untuk
membelinya.
6. E-mail, Blog, dan Forum
Usaha kecil sering
menggunakan teknik pemasaran e-mail untuk mencapai promosi bisnis. Mereka menggunakan
e-mail untuk mengembangkan hubungan dengan pelanggan dan mendapatkan umpan baik
pelanggan. E-mail sering digunakan untuk membawa iklan dan pesan promosi. Pelaku
bisnis dapat menjelaskan peran bisnis mereka dan berbicara tentang produk dan
layanan melalui blog. Adapun forum berfungsi sebagai platform online untuk
berinteraksi dengan pelanggan.
C.Kelebihan Dan Kekurangan Dari Afiliasi
1. keuntungan afiliasi
v
tanpa modal investasi
v
tanpa resiko kerugian
v
sangat mudah dijalankan
v
peluang penghasilan yang sangat besar
v
tidak butuh pengalaman untuk menjual (marketing)
v
banyak pilihan dan celah peluang
v
tidak berurusan dengan pengepakan dan pengiriman
barang
v
tidak perlu berhubungan langsung dengan pembeli
v
tidak menyita waktu
2.kerugian afiliasi
Ø
adanya praktik internet illegal dan iklan yang
tidak etis
Ø
terdapat spamming
Ø
afiliasi pemasaran tidak sesuai dengan standar industry
dan tidak memiliki regulasi pusat
TERIMA KASIH^-^
XOXO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar